Puterikhj's Blog

April 28, 2010

SEJARAH INTERNET

Filed under: Uncategorized — puterikhj @ 2:40 am

Pada awalnya internet merupakan suatu jaringan komputer yang dibentuk oleh departemen pertahanan amerika di awal tahun 60-an, melalui proyek ARPA (Advanced Reasearch Project Agency) yang disebut ARPANET. Mereka mendemonstrasikan bagaimana hardware dan software komputer berbasis Unix dapat melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, dan seberapa besar informasi dapat dipindahkan.

ARPANET dibentuk secara khusus oleh empat universitas, yaitu: Stanford Research Institute, University of California at Santa Barbara, University of California at Los Angeles, dan University at Utah. Mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969 dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan oktober 1972.

Proyek percobaan tersebut akhirnya dilanjutkan dan dibiayai oleh NSF (National Science Foundation), suatu lembaga ilmu pengetahuan seperti LIPI Indonesia. NSF lalu mengubah nama jaringan ARPANET menjadi NSFNET. Dan baru setelah itu, Pemerintahan Amerika memberikan izin ke arah komersial pada awal tahun 1990.

Dapat disimpulkan bahwa awalnya Internet dikenal sebagai suatu wadah bagi para peneliti untuk saling bertukar informasi yang kemudian dimamfaatkan oleh perusahaan komersial sebagai sarana bisnis. Saat ini pengguna internet di seluruh dunia mencapai 250 juta orang.

Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia

Perkembangan internet di Indonesia secara pesat terjadi pada tahun 1995 . pertama kalinya, Internet masuk ke jaringan akademik dan pusat-pusat riset, sehingga pada waktu itu hanya kalangan akademisi dan peneliti saja yang dapat memamfaatkan fasilitas internet.

Layanan internet untuk umum mulai terbuka saat INDONET berdiri sebagai penyedia layanan internet pertama kali di Indonesia diikuti dengan berdirinya banyak pengembang lainya seperti Readnet, Idola, Indosat, CBN, dan lainnya. Perkembangan ini menyebabkan pemamfaatan teknologi informasi semakin meluas tidak terbatas pada kalangan tertentu. Bahkan, orang yang awam situs web pun dapat menggunakan segala bentuk pelayanan yang ditawarkan internet.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: